Rabu, 04 Maret 2020

Industri Analisis


Industri mempunyai Tour Belitung faktor-faktor yang harus di lihat dan Prinsip teori Weber adalah bahwa penentuan lokasi industri ditempatkan di tempat-tempat yang resiko biaya atau biayanya paling murah atau minimal (least cost location) yaitu tempat dimana total biaya transportasi dan tenaga kerja di mana penjumlahan keduanya minimum, tempat dimana total biaya transportasi dan tenaga kerja yang minimum yang cenderung identik dengan tingkat keuntungan yang maksimum. Paket Tour Belitung Prinsip tersebut didasarkan pada enam asumsi bersifat prakondisi, yaitu :
1.        Wilayah bersifat homogen dalam hal topografi, iklim dan penduduknya (keadaan penduduk yang dimaksud menyangkut jumlah dan kualitas SDM
2.        Sumber daya atau bahan mentah yang dibutuhkan cukup memadai.
3.        Upah tenaga kerja didasarkan pada ketentuan tertentu, seperti Upah Minimum Regional (UMR).
4.        Biaya pengangkutan bahan mentah ke lokasi pabrik (biaya sangat ditentukan oleh bobot bahan mentah dan lokasi bahan mentah)
5.         Terdapat persaingan antar kegiatan industri.
6.        Manusia yang ada di daerah tersebut masih berpikir rasional.
Menurut teori weber ada beberapa faktor yang mempengaruhi lokasi industri :
1.      Tempat yang sentral
Faktor ini didasarkan pada konsep range (jangkauan) dan threshold (ambang). Range (jangkauan) adalah jarak tempuh yang diperlukan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat, sedangkan threshold (ambang) adalah jumlah minimal anggota masyarakat yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan suplai barang.
2.      Ongkos transport
Faktor ini didasarkan pada hubungan antara faktor susut dalam proses pengangkutan dan ongkos transport yang harus dikeluarkan, yaitu dengan cara mengkaji kemungkinan penempatan industri di tempat yang paling menguntungkan secara ekonomi. Suatu lokasi dinyatakan menguntungkan apabila memiliki nilai susut dalam proses pengangkutan yang paling rendah dan biaya transport yang paling murah Belitung Tour
3.      Lokasi industri optimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar